Latest News

MOBIL TENAGA SURYA INDONESIA JUARA 7 DUNIA

Prestasi membanggakan datang dari arek-arek Suroboyo. Generasi penerus bangsa ini turut menjadi peserta di kejuaraan World Solar Challenge 2015 di Australia. Dengan karya Mobil Widya Wahana V, pada akhirnya berhasil merebut posisi tujuh dunia. ya, mobil tenaga surya anak Indonesia juara 7 Dunia !

Pasalnya di tahun ke-25 ini, aneka mobil futuristik dengan lapisan panel solar hasil karya anak muda sejagat berkumpul dan adu cepat yang "start" dimulai dari State Square Darwin menuju Victoria Square Aidelaide. Tak tanggung- tanggung jarak yang ditempuh sejauh 3000 km, atau bisa dibilang melintasi Australia bagian utara jauh menuju ke selatan.


MOBIL-TENAGA-SURYA-INDONESIA-JUARA-7-DUNIA


Mobil Tenaga Surya Indonesia Di Mata Dunia

Lomba berlangsung cukup seru. Ada 46 tim yang berlaga dari 25 negara. Juara pertama dan kedua berhasil diraih tim dari Belanda, posisi ketiga diduduki tim Jepang. Dan tim Indonesia berhasil meraih posisi 7.

"Dari sisi teknologi, kami tidak merasa kalah. Beban mobil juga lebih enteng. Ada mobil lain yang beratnya lebih dari 300 kg, sedangkan mobil kami beratnya 280 kg, jadi lebih efisien," ujar Aufar Nugraha, mahasiswa ITS.


Widya-Wahana-V


"Beberapa tahun sebelumnya, ITS sudah mengembangkan mobil tenaga surya yang diberi nama Widya Wahana 1 sampai 3. Jadi, untuk menghormati mereka, kami melanjutkan saja nama tersebut. Di tahun 2013, saya bertindak sebagai pengendara Widya Wahana IV,” lanjut Aufar.

Dr. M Nur Yuniarto, selaku Dosen pembimbing menerangkan bahwa mobil Widya Wahana V dalam World Solar Challenge 2015 berada di posisi 7 dunia di kelas cruiser. “Untuk level Asia Tenggara, kita nomor 1 mengalahkan Singapura, Malaysia dan Thailand di overall class. Total kilometer yang berhasil ditempuh adalah 1.638 km,” ucapnya.

0 Response to "MOBIL TENAGA SURYA INDONESIA JUARA 7 DUNIA"