Latest News

DAFTAR WISATA RELIGI DI SURABAYA

Kali ini kita akan mengenal tempat wisata religi yang ada di kota Surabaya. Kita kupas dari berbagai latar belakang dan agama. Keajaiban, kedamaian, mukjizat, dan kekaguman akan Anda rasakan ketika mengunjungi tempat wisata religi yang ada di Surabaya. Masing-masing memiliki kisah dan pengalaman sejarah yang berbeda.

Daftar Objek Wisata Religi Di Kota Surabaya

1. Masjid Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel didirikan pada tahun 1421 oleh Raden Mohammad Ali Rahmatullah alias Sunan Ampel sendiri dibantu dengan Mbah Sholeh dan Mbah Sonhaji (dikenal dengan mbah Bolong), dan beberapa santrinya.


Masjid-Sunan-Ampel


Masjid ini menyimpan berbagai kisah menarik seperti arah kiblat masjid yang lurus dengan Ka'bah di mekkah karena kemampuan mbah Bolong melubangi dinding sebelah barat bangunan dan tembus melihat Ka'bah. 

Kisah Mbah Sholeh yang hidup kembali dari kematian dan memiliki 9 makam. Dikisahkan karena Sunan Ampel mengeluhkan kebersihan masjid sepeninggal Mbah sholeh, dan terjadi berulang-ulang hingga 9 kali sampai akhirnya Sunan Ampel meninggal pada tahun 1481 M, dan mbah Sholeh tidak hidup lagi.


2. Masjid Al Akbar

Masjid ini dikenal sebagai masjid terbesar kedua setelah masjid Istiqlal di Jakarta. Lokasi masjid berada di Jalan Masjid Al Akbar Timur No.1, Pagesangan, Surabaya. Anda akan menjumpainya saat melintasi Tol Surabaya - Porong. 

Masjid-Al-Akbar


Dengan ciri khas kubah berwarna biru beserta menara setinggi 99 meter. Masjid ini berdiri di lahan seluas 11,2 hektar, dengan luas bangunan 28.509 m2 dan mampu menampung 59.000 jamaah.


3. Masjid Cheng Ho Surabaya

Terletak di Jalan Gading No. 2, Ketabang, Genteng, Surabaya, Masjid ini memiliki gaya arsitektur khas Cina dan merupakan masjid pertama yang menggunakan nama muslim Tionghoa. 

Masjid-Cheng-Ho-Surabaya


Mengenang nilai sejarah pada abad ke 15 di masa Dinasti Ming (1368-1643) yang mana orang-orang tiongkok daru yunan berdatangan menyebarkan agama islam di pulau jawa, termasuk Laksamana Cheng Ho alias Sam Poo Kong yang diutus oleh Yung Lo untuk mengunjungi kerajaan Majapahit.


4. Gereja Katolik Santa Perawan Maria

Sebuah gereja yang berdiri sejak tahun 1899 di jaman penjajahan Belanda. Selain bernilai sejarah, gereja ini juga masih aktif digunakan, dan menjadi cagar budaya kota Surabaya. Berlokasi di jalan Ngagel Madya Nomor 1 membuat gereja ini begitu mudah untuk diakses.


Gereja-Katolik-Santa-Perawan-Maria


5. Klenteng Hok An Kiong

Klenteng tertua di Surabaya ini berada di jalan Coklat no.2, dan mulai dibangun pada tahun 1830 dan sebelumnya bernama Tepekong Straat. Pada awalnya klenteng ini merupakan bangunan sementara buat para perantau awak kapal dari orang tiongkok asal Hok Kian.

Klenteng-Hok-An-Kiong

Saat ini klenteng Hok An Kiong dikelola oleh yayasan Sukhaloka. Di dalam ruangan tengah klenteng terdapat altar Dewi Thian Siang Sing Boo atau Ma Co dan altar Dewa Kwan Kong.


6. Klenteng Sanggar Agung

Sebuah kuil yang terletak di tepi laut pantai Kenjeran dan dibuka umum pada tahun 1999. Dengan ciri khas patung Kwan Im setinggi 20 m. Kuil ini merupakan tempat ibadah bagi pemeluk Tridharma, dan juga dibuka untuk wisatawan. 

Klenteng-Sanggar-Agung


7. Makam Ki Ageng Bungkul

Hampir semua orang yang pernah ke Surabaya pasti tahu yang namanya Taman Bungkul, pusat program car free day yang diadakan Pemkot Surabaya setiap minggu. Ya, di Taman Bungkul selain terdapat taman yang indah, tempat bermain, juga tersimpan sejarah dan makam Mbah Bungkul. Dimana 700 tahun silam sebelum bernama Surabaya, dahulu lebih dikenal dengan "Pertapaan Mbah Bungkul".

Makam-Ki-Ageng-Bungkul


Nama Taman Bungkul berasal dari Ki Ageng Bungkul, atau Syech Machmuddin, atau dikenal dengan Sunan Bungkul, seorang pejuang islam yang sangat terkenal di akhir kebesaran Kerajaan Majapahit. Disana terdapat makam beliau dan beberapa orang-orang terdekatnya.


8. Makam WR. Supratman

Dan inilah dia sosok yang paling dikenal oleh seluruh rakyat Indonesia, dia adalah WR. Soepratman, pencipta lagu Indonesia Raya. Makamnya terletak di Jalan Kenjeran, bersebrangan dengan Pemakaman Umum Rangkah.


makam-wr-supratman


Didalam makam beliau terdapat tembok prasasti, cungkup  berbentuk joglo dan monumen. Tempatnya sangat asri, terawat, banyak pohon kamboja dan teduh. Silahkan kunjungi buat Anda yang ingin mengenangnya.

1 Response to "DAFTAR WISATA RELIGI DI SURABAYA"